1 Mesin terdapat
beberapa komponen sepeda motor :
1. Blok silinder (Cylinder
Block)
fungsi : sebagai
tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses pembakaran bahan bakar.
2. Torak (piston)
fungsi : untuk
memindahkan tenaga yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar ke poros
engkol (crank shaft) melalui batang torak (connecting road).
3. Cincin Torak
(Ring piston)
fungsi: - Mencegah
kebocoran gas bahan bakar saat langkah kompresi dan usaha.
- Mencegah masuknya
oli pelumas ke ruang bakar.
- Memindahkan panas
dari piston ke dinding silinder.
4. Batang Torak (Connecting
Rod)
fungsi: Menerima
tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran bahan bakar dan meneruskannya
keporos engkol.
5. Poros Engkol
(crank shaft)
fungsi: Mengubah
gerak naik turun torak menjadi gerak berputar yang akhirnya menggerakkan
roda-roda.
6. Bantalan
(Bearing)
fungsi: Mencegah
keausan dan mengurangi gesekan pada poros engkol.
7. Roda Penerus
(Fly Wheel)
fungsi: Menyimpan
tenaga putar ( inertia ) yang dihasilkan pada langkah usaha, agar poros engkol
tetap berputar terus pada langkah lainnya.
8. Katup (Valve)
fungsi: Membuka dan
menutup saluran masuk dan saluran buang.
9. Pegas Katup
(Valve Spring)
fungsi:
Mengembalikan katup pada kedudukan/posisi semula dan memberi tekanan pada katup
agar dapat menutup dengan rapat.
10. Tuas Katup ( Rocker
arm )
fungsi: Menekan
katup - katup sehingga dapat membuka.
11. Batang
pendorong ( push rod )
fungsi: Meneruskan
gerakan valve lifter ( pengangkat katup ) ke rocker arm.
12. Pengangkat
Katup ( Valve Lifter )
fungsi: Memindahkan
gerakan camshaft ( poros nok ) ke rocker arm melalui push rod.
13. Poros Bubungan
/ Poros Nok ( camshaft )
fungsi: Membuka dan
menutup katup sesuai dengan waktu ( Timming ) yang telah ditentukan.
14. Karter ( Oil
Pan )
fungsi: Menampung
oli pelumas.
15. Pena Torak (
Piston pin )
fungsi:
Menghubungkan torak dengan connecting rod melalui lubang bushing.
16. Bantalan Luncur
Aksial ( Thrust Waser )
fungsi: Menahan
poros engkol agar tidak bergerak/bergeser maju-mundur.
17. Timming Chain :
rantai timing / Timing Belat : sabuk timing
fungsi:
Menghubungkan gerak putar poros engkol keporos nok.
18. Kepala Silinder
( Cylinder Head )
fungsi: Tempat
kedudukan mekanisme katup, ruang bakar, busi dan sebagai tutup blok silinder.
19. Dudukan Katup (
Valve Seat )
fungsi: Tempat
dudukan katup saat menutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar