Sabtu, 14 Juli 2018

SENSOR LDR (Light Dependent Resitor)


SENSOR LDR
(Light Dependent Resitor)

Banyak orang yang bertannya-tanya apa itu LDR? LDR adalah singkatan dari Light Dependent resistor, atau bisa juga diartikan LDR adalah salah satu komponen elektronika yang peka dengan adanya cahaya .Apabila sensor LDR dikenai cahaya maka akan bekerja otyomatis mematikan lampu, dan apabila sensor LDR ini didalam kondisi gelap maka sensor akan bekerja dan lampu akan menyala. Sensor LDR ini sering diaplikasikan dilampu-lampu taman, lampu halaman depan rumah, dll.
Fungsi dari LDR :
Dari penjabaran mengenai arti LDR tadi, fungsi LDR adalah sebagai saklar otomatis berdasarkan cahaya. Jika cahaya yang diterima oleh LDR banyak, maka nilai resistansi LDR akan menurun, dan listrik dapat mengalir (ON). Sebaliknya, jika cahaya yang diterima LDR sedikit, maka nilai resistansi LDR akan menguat, dan aliran listrik terhambat (OFF). LDR kerap difungsikan sebagai sebuah sensor cahaya dalam berbagai macam rangkaian elektronika seperti lampu penerangan jalan otomatis, lampu kamar tidur otomatis, rangkaian anti maling otomatis menggunakan laser, shutter kamera otomatis, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Simbol LDR :


Implementasi dari LDR :
Saklar Otomatis Dengan Sensor LDR
Alat dan Bahan :
1.      Resistor 100 Ohm dan 33K ohm
2.      Modul Relay 1 Channel 5V DC output 250V AC/30V DC 10A
3.      Kabel Jumper
4.      LED
5.      Baterai 6V
6.      Veting
7.      Lampu
8.      Kabel
9.      Steker
10.  Transistor BC 547
11.  Sensor LDR Diameter 5mm
12.  PCB

Gambar Rangkaian :




 Temen – temen bisa membuat project ini karena komponen-komponen nya yang sangat mudah dicari dan dengan biaya yang sangat murah . Selamat Mencobaa !!

Bisa dilihat tutorialnya : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar