LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
DI JTV Surabaya
DAN BOC(Bali Orange Communications)
Disusun untuk Melengkapi Tugas
Kunjungan Industri dan Prakerin 2016
Disusun Oleh:
Nama : Agung Al Rasyid
No : 01 / 4584
Kelas : XI RPL 2
Smk Muhammadiyah 04 Boyolali
Tahun Ajaran 2015/2016
i
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan ini Disampaikan untuk Memenuhi Persyaratan
Penyelesaian Kunjungan Industri (KI) SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2015-2016
Disusun Oleh:
NAMA : AGUNG AL RASYID
NIS : 01/4584
KELAS : XI RPL-2
PROGRAM KEAHLIAN : Rekayasa Perangkat Lunak(RPL)
Disahkan Dan Disetujui Oleh:
Wali Kelas Guru Pembimbing
Hevie Ristyani S.Pd Arif Joko Sukatmo S.Kom
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di JTV dan BOC ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan Industri, buku – buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1. Bapak Alif Agus Sutesno S.Pd. selaku Kepala Sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Kunjungan Industri.
2. Bapak Heri Kristanto S.Pd selaku Waka Kesiswaan pembimbing lapangan Kunjungan Industri yang telah membimbing kami selama berada disana.
3. Bapak Arif Joko S S kom. selaku Ketua Jurusan RPL.
4. Panitia pelaksana Kunjungan Industri.
5. Pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan , terima kasih atas bantuan dan do’a restu yang berhubungan dengan kegiatan Kunjungan Industri.
Akhirnya, kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.
Boyolali, 31 Mei 2016
Agung Al Rasyid
ii
DAFTAR ISI
Halaman Judul...................................................................................................................................
Lembar Pengesahan…………………………………………………………………………….....
Kata Pengantar...................................................................................................................................
Daftar Isi............................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................................
1.1 Latar Belakang..........................................................................................................................
1.2 Tujuan Kunjungan Industri.......................................................................................................
1.3 Manfaat Kunjungan Industri.....................................................................................................
1.4 Lokasi Objek Kunjungan Industri dan Wisata.........................................................................
BAB II HASIL KUNJUNGAN......................................................................................................
2.1 JTV Surabaya……......................................................................................................................
2.2 BOC (Bali Orange Communication)........................................................................................
Kata Pengantar...................................................................................................................................
Daftar Isi............................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................................
1.1 Latar Belakang..........................................................................................................................
1.2 Tujuan Kunjungan Industri.......................................................................................................
1.3 Manfaat Kunjungan Industri.....................................................................................................
1.4 Lokasi Objek Kunjungan Industri dan Wisata.........................................................................
BAB II HASIL KUNJUNGAN......................................................................................................
2.1 JTV Surabaya……......................................................................................................................
2.2 BOC (Bali Orange Communication)........................................................................................
2.3 Candi Braja Sandi……………………………………………………………………………..
2.4 Pantai Pandawa……………………………………………………………………………….
2.5 Wisata Bedugul……………………………………………………………………………….
2.6 Barong Dance………………………………………………………………………………….
BAB III PENUTUP........................................................................................................................
3.1 Simpulan.....................................................................................................................................
3.2 Saran...........................................................................................................................................
Lampiran Dokumentasi…………………………….………………………………………………
3.1 Simpulan.....................................................................................................................................
3.2 Saran...........................................................................................................................................
Lampiran Dokumentasi…………………………….………………………………………………
iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Kunjungan industri merupakan program kegiatan yang menghadirkan siswa kepada dunia kerja yang sesungguhnya dengan mengunjungi perusahaan – perusahaan yang sesuai denganj urusan masing – masing. Dengan mengunjungi perusahaan tersebut, siswa melakukan pembelajaran langsung berkaitan dengan urusanya mereka pilih. Tujuan dari program pengunjungan ini agar siswa semakin bertambah wawasannya, serta terpacu untuk membekali diri dengan keterampilan/keahlian agar dapat bersaing di dunia kerja.
Hal ini berhubungan dengan kegiatan keberlanjutan yang akan siswa lakukan setelah melakukan kunjungan industri. Kegiatan tersebut adalah melakukan praktik kerja industry. Dengan demikian, siswa semakin mengerti arah terapan dari bidang kerja yang nantinya mereka pilih setelah lulus dari smk. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka kami membuat laporan yang berjudul “laporan kunjungan industri di JTV dan BOC”.
1.2 Tujuan Kunjunan Industri
Berikut adalah tujuan dari kunjungan industri yaitu :
· Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
· Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
· Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
· Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
· Membantu siswa melaksanakan program diklat.
· Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai akhir.
Untuk Belajar (tidak hanya tau teknik tapi juga praktik dan cara pemasarannya).
1.3 Manfaat Kunjungan Industri
• Mengenal lebih dekat tentang DU / DI
• Menambah pengalaman wawasan peserta didik di duniakerja.
• Menambah informasi yang belum di ketahui oleh peserta didik.
• Dapat menyambung silaturrahmi antara pihak sekolah dengan perusahaan.
1.4 Lokasi Objek Kunjungan Industri
• JTV
• BOC(Bali Orange Communications)
1.3 Manfaat Kunjungan Industri
• Mengenal lebih dekat tentang DU / DI
• Menambah pengalaman wawasan peserta didik di duniakerja.
• Menambah informasi yang belum di ketahui oleh peserta didik.
• Dapat menyambung silaturrahmi antara pihak sekolah dengan perusahaan.
1.4 Lokasi Objek Kunjungan Industri
• JTV
• BOC(Bali Orange Communications)
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
2.1 JTV Surabaya
JTV SurabayaPT Jawa Pos Media Televisi
| |
Diluncurkan
| |
Jaringan
| |
Pemilik
| |
Slogan
|
JTV Rek
(2001-sekarang) Satus Persen Jatim (2008-2012) |
Kantor pusat
| |
Situs web
| |
Ketersediaan
| |
Terestrial
| |
60 UHF
| |
Satelit
| |
3946/V/7400
| |
Saluran 739
| |
JTV yang merupakan singkatan dari Jawa Pos Media Televisi, adalah sebuah stasiun televisi regional di Kota Surabaya, Jawa Timur. JTV adalah televisi swasta regional pertama di Indonesia sekaligus yang terbesar di Indonesia hingga saat ini. Jangkauan JTV meliputi hampir seluruh provinsi Jawa Timur secara terestrial, juga bisa diterima diseluruh Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina dan sebagian Australia dengan parabola melalui satelit Palapa D, dan fasilitas televisi berlangganan Transvision, Groovia TV, UseeTV, HOMElinks, Innovate, First Media, BiG TV, dan viva+.
Stasiun televisi ini merupakan anggota jaringan Jawa Pos TV dan dimiliki oleh Grup Jawa Pos, yang juga memiliki afiliasi surat kabar dan biro JTV di Surabaya, Malang, Jember, Banyuwangi,
Galeri logo
Afiliasi JTV
- JTV Surabaya (Surabaya)
- JTV Malang (Malang)
- JTV Madiun (Madiun)
- JTV Kediri (Kediri)
- JTV Jember (Jember)
- JTV Madura (Madura)
- JTV Bojonegoro (Bojonegoro)
- JTV Pasuruan (Pasuruan)
- JTV Blitar (Blitar)
- JTV Banyuwangi (Banyuwangi)
- JTV Tuban (Tuban)
- JTV Ngawi (Ngawi)
- JTV Probolinggo (Probolinggo)
- JTV Situbondo (Situbondo)
- JTV Pacitan (Pacitan)
Acara saat ini
- Arena Spirit
- Jatim Awan
- Dialog Khusus
- Pojok 7
- Pojok Kampung
- Nusantara Kini
- Kabar Apik
- Warung VOA
- Bincang Sore
- Solusi Bisnis
- B-Cak Show
- Blakra'an
- Larasati
- Ndoro Bei
- Siapa Takut
- Islam Itu Mudah
- Stasiun Dangdut
- Zaman Batu
- Sssttt... Njajan Huwenak
- Solusi Sehat (Dahulu bernama Alternatif Jaga)
- Goro-Goro Kartolo
- Gak Cuma Cangkru'an
- Ngetoprak Kirun
- Oto-J
- Jurit Malam
- Dangdut Get
- Lejel Home Shopping
- Gogomall Home Shopping
Acara yang pernah ditayangkan
- Jatim Isuk
- Pendopo Rakyat
- Semanggi (Semangat Pagi)
- Berita Minggu
- Borgol
- Super Wani
- Super J (Dahulu bernama J-Trax)
- Ngaji Bareng Gus Mus
- Ngaji Blusukan
- Lawra Campursari Show
- GeRR
- Sosok
- Sore Hore
- Klethikan
- Bayu Skak
- S'topan
- Let's Go Dego
- Napak Tilas
- Senam Car Free Day (Dahulu bernama Senam Pokse)
- The Nylathu Show
- Selebrita Selebriti
- Kentrunk Funky
- Din Brodin
- JACO Home Shopping
- DRTV
- Ketawa Ketiwi JTV
- Happy Holy Kids (kerjasama dengan Spacetoon)
- Kidung Ceria bersama Vitacimin
- The A-Team
- Knight Rider
2.2 BOC (Bali Orange Communication)
Profil Bali Orange Communications
Bali Orange Communications atau disingkat BOC adalah sebuah perusahaan jasa web design dan pemrograman website, penyedia web hosting dan pendaftaran domain name berekstensi internasional dan Indonesia. BOC berdiri pada tanggal 25 Agustus 2003 dan sampai saat ini masih tetap berkarya serta melayani pelanggan dari berbagai warna bidang usaha. Website BOC bisa diakses menggunakan www.baliorange.net (whois) dan www.boc.co.id (whois).
Basis operasional BOC adalah di Pulau Bali dengan cakupan produk dan layanan berskala Internasional. BOC melayani pelanggan tidak hanya di Bali, tetapi di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Dengan teknologi internet, kendala geografis bisa teratasi dengan mudah.
Tim kerja BOC mampu mengoperasionalkan program aplikasi web development seperti Adobe Dreamweaver, MS Frontpage, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Corel Draw, dan program pendukung lainnya. Lingkungan bahasa pemrograman yang dihadapi meliputi CSS, HTML, PHP, Javascripts, AJAX, XML, dengan database MySQL. Lingkup manajerial web server meliputi penguasaan OS Linux dan Windows, network administrator, dan manajemen Cpanel dan WHM. Web server BOC berlokasi di Jakarta, Singapore dan USA, memastikan bisnis pelanggan tetap online 24 jam.
Basis operasional BOC adalah di Pulau Bali dengan cakupan produk dan layanan berskala Internasional. BOC melayani pelanggan tidak hanya di Bali, tetapi di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Dengan teknologi internet, kendala geografis bisa teratasi dengan mudah.
Tim kerja BOC mampu mengoperasionalkan program aplikasi web development seperti Adobe Dreamweaver, MS Frontpage, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Corel Draw, dan program pendukung lainnya. Lingkungan bahasa pemrograman yang dihadapi meliputi CSS, HTML, PHP, Javascripts, AJAX, XML, dengan database MySQL. Lingkup manajerial web server meliputi penguasaan OS Linux dan Windows, network administrator, dan manajemen Cpanel dan WHM. Web server BOC berlokasi di Jakarta, Singapore dan USA, memastikan bisnis pelanggan tetap online 24 jam.
Visi Bali Orange Communications
Menikmati hidup dalam kebersamaan dan lingkup kreativitas agar selalu menghasilkan karya positif bagi diri pribadi dan masyarakat.
Misi Bali Orange Communications
- Menciptakan kondisi nyaman dalam berkreativitas untuk kepentingan internal perusahaan dan pelanggan.
- Menjadi mitra strategis pelanggan dalam memanfaatkan teknologi informasi yang bernilai tinggi.
- Membumikan teknologi informasi bersama masyarakat.
- Menjadi perusahaan penyedia domain name dan web hosting terbesar dan berkualitas di Indonesia.
Motto
Worldwide Communications for The People.
BOC mampu sebagai perusahaan yang memastikan komunikasi pelanggan melalui teknologi informasi ke seluruh dunia.
Logo Bali Orange Communications
Citra hidup jeruk bali berwarna oranye yang bertangkai daun hijau, berkacamata dan tersenyum. Hak Cipta Logo BOC terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI No. C00201000863
Worldwide Communications for The People.
BOC mampu sebagai perusahaan yang memastikan komunikasi pelanggan melalui teknologi informasi ke seluruh dunia.
Logo Bali Orange Communications
Citra hidup jeruk bali berwarna oranye yang bertangkai daun hijau, berkacamata dan tersenyum. Hak Cipta Logo BOC terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI No. C00201000863
Arti logo :
- Tangkai melambangkan akar sejarah. BOC tidak melupakan sejarah kehidupan, dan secara terus menerus berkarya untuk menciptakan sejarah baru pada kehidupan saat ini dan masa datang.
- Daun hijau melambangkan alam dan lingkungan. BOC senantiasa yakin bahwa perjalanan hidup tergantung pula dari keseimbangan alam dan lingkungan sekitar.
- Warna oranye melambangkan keceriaan hidup. BOC selalu tanamkan kebahagiaan hidup dengan berfikir positif, gembira dan ceria.
- Buah jeruk melambangkan kesehatan jiwa dan raga. BOC akan selalu menjaga keseimbangan jiwa dan raga agar tetap sehat menjalani kehidupan.
- Kacamata melambangkan cara pandang dan pola pikir. BOC hidup dalam arus globalisasi, kacamata berfungsi sebagai penyaring dampak negatif globalisasi.
- Tersenyum melambangkan jati diri. BOC selalu hadapi semua tantangan hidup dengan senyuman.
Kontak BOC Indonesia
:: Bali (Head Office)
Jl. Narakusuma 11, Denpasar, Bali
Indonesia 80235
Telp : +62-85100448807
Fax : +62361-244737
Mobile phone : +628123676861 (Emergency, SMS, WhatsApp)
:: Informasi Layanan & Kontak BOC
Hari Kerja Kantor BOC : Senin - Sabtu.
Jam Kerja : 08.00 WITA - 03.00 (dinihari) WITA.
Libur : Minggu (Online/remote Technical Support). Hari Besar Keagamaan kantor tetap buka.
Waktu Layanan Technical Support 24 Jam (kantor, phone, sms, chat, email).
Jl. Narakusuma 11, Denpasar, Bali
Indonesia 80235
Telp : +62-85100448807
Fax : +62361-244737
Mobile phone : +628123676861 (Emergency, SMS, WhatsApp)
:: Informasi Layanan & Kontak BOC
Hari Kerja Kantor BOC : Senin - Sabtu.
Jam Kerja : 08.00 WITA - 03.00 (dinihari) WITA.
Libur : Minggu (Online/remote Technical Support). Hari Besar Keagamaan kantor tetap buka.
Waktu Layanan Technical Support 24 Jam (kantor, phone, sms, chat, email).
2.3 Candi Braja Sandi
Monumen Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang pesemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter. Lokasi monumen ini terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Provinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Provinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon. Monumen ini dikenal dengan nama “Bajra Sandhi” karena bentuknya menyerupai bajra atau genta yang digunakan oleh para Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada saat upacara keagamaan. Monumen ini dibangun pada tahun 1987, diresmikan oleh Presiden Megawati Sukarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003. Tujuan pembangunan monumen ini adalah untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali, sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali untuk diwariskan kepada generasi penerus sebagai modal melangkah maju menapak dunia yang semakin sarat dengan tantangan dan hambatan.
Museum Bajra Sandi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali yang terletak di areal lapangan Niti Mandala Denpasar, Jl. Raya Puputan. Museum ini dibangun dengan meniru mentuk bajra yang sering digunakan oleh pemangku/sulinggih. Museum ini dibangun di atas tanah seluas 13,8 hektar dengan luas gedung 70 x 70 meter. Museum ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003.Museum ini menjadi simbol masyarakat Bali untuk menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter.Bentuk museum ini diambil berdasarkan cerita Hindu pada saat Pemutaran Gunung Giri Mandara oleh Para Dewa dan Raksasa guna mendapatkan Tirta Amertha atau Air Suci Kehidupan.
Dinamakan Museum Bajra Sandi karena bentuk museum ini seperti Bajra atau Genta yang dipakai oleh para pemimpin Agama Hindu dalam mengiringi pengucapan japa mantra pada saat melakukan upacara Agama Hindu. Adapun bagian-bagian yang penting dalam museum ini adalah sebagai berikut :
§ Bangunan Museum yang menjulang melambangkan Gunung Giri Mandara.
§ Guci Amertha dilambangkan dalam bentuk Kumba (periuk) tepat bagian atas museum.
§ Naga yang melilit museum melambangkan Naga Basuki yang digunakan sebagai tali dalm pemutaran Giri Mandara.
§ Kura-kura yang terdapat di bagian bawah museum merupakan simbul dari Bedawang Akupa yang digunakan sebagai alas pemutaran Giri Mandara.
§ Kolam yang terdapat disekeliling museum merupakan simbul dari Lautan Susu yang mengelilingi Giri Mandara tempat beradanya Air Suci Kehidupan atau Tirtha Amertha.
Visi dan Misi Museum Bajra Sandi
a. Visi
Terwujudnya kelestarian nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kejuangan dalam mendukung pelestarian dan pengembangan budaya.
b. Misi
§ Melestarikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap warisan budaya berupa berupa nilai-nilai kepahlawana, keperintisan, dan kejuangan khusunya di hati generasi muda penerus bangsa.
§ Melaksanakan kajian-kajian ilmiah tonggak-tonggak sejarah perjuangan rakyat Bali.
Secara horizontal, museum ini menggunakan konsep Tri Mandala, yaitu:
1. Utama Mandala, yaitu bagian gedung utama yang paling megah.
2. Madya Mandala, yaitu pelataran yang mengitari Utama Mandala.
3. Nista Mandala, yaitu pelataran paling luar yang mengitari Madya Mandala.
Secara vertikal, museum ini mengadopsi konsep Tri Angga, meliputi:
1. Utamaning Utama Mandala, yaitu lantai teratas gedung, dan digunakan sebagai Ruang Peninjauan. Dari sini kita dapat melihat suasana di sekitar gedung dengan jelas. Untuk mencapai tempat ini kita harus menaiki tangga melingkar yang cukup tinggi.
2. Madyaning Utama Mandala, yaitu lantai dua gedung, digunakan sebagai Ruang Stage Diorama. Di ruang ini kita dapat melihat 33 diorama yang menampilkan sejarah perkembangan dan pergerakan rakyat Bali dari masa ke masa. Selain diorama, ada juga keris
3. Nistaning Utama mandala, merupakan lantai dasar gedung ini. Di sini ada berbagai ruangan, meliputi Ruang Informasi, Ruang Administrasi, Ruang Pameran yang menampilkan foto-foto pahlawan dan peristiwa di Bali, Ruang Perpustakaan yang berisi buku-buku yang berkaitan dengan sejarah Bali, dan Ruang Rapat serta toilet.
Selain ruangan-ruangan tersebut, di lantai dasar dapat juga dijumpai telaga yang berada di dasar bagian tengah gedung, dinamakan Puser Tasik. Di telaga ini terdapat delapan Tiang Agung. Di tengah kolam terdapat tangga yang menghubungkan lantai dasar sampai lantai teratas, dinamakan Tangga Tapak Dara.
Di bagian luar gedung ini, kita dapat melihat Bale Bengong di keempat penjuru museum untuk peristirahatan para wisatawan. Selain itu, di bawah tangga masuk juga terdapat kolam berisi ikan hias. Di bagian paling luar, terdapat lapangan yang bisa digunakan untuk lari pagi.
Museum ini dibuka setiap hari pukul 08.30-17.00 WITA, terkecuali hari besar Agama di Bali. Untuk masuk Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,00 per orang untuk orang dewasa dan Rp 1.000,00 per orang untuk pengunjung anak-anak .
2.4 Pantai Pandawa
Keindahan Pantai Pandawa Bali Yang Mempesona
Pantai Pandawa Bali adalah salah satu kawasan objek wisata yang berada di Bali tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung. Pantai Pandawa juga sering dikenal dengan nama Pantai Kutuh, dan kadang juga disebut sebagai pantai rahasia (Secret Beach) karena letaknya berada dibelakang tebing.
Saat anda menyambangi pantai ini, terdapat tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi dengan semak belukar. Dulunya akses jalan untuk menuju pantai Pandawa cukup sulit, namun karena pantai ini memiliki keindahan yang sangat mempesona mata pengunjung maka pemerintah setempat membuat atau membuka akses berupa jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km. Akses jalan yang dibuat cukup unik dan terlihat megah karena jalannya diapit dengan tebing-tebing yang tinggi.
Selain tebing-tebing yang tinggi, kalian juga akan mendapati patung-patung pewayangan lima pandawa yaitu patung Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Kelima patung tersebut akan kita dapati saat memasuki kawasan Pantai Pandawa. Kelima patung itu pula dipasang didalam tebing-tebing, sehingga pengunjung yang datang akan melihat berjejer kelima patung-patung tersebut secara berurutan.
Patung di Pantai Pandawa
|
Hal yang menarik lainnya yang bisa kalian dapati di Pantai Pandawa adalah dengan pesona pantainya itu sendiri. Keindahan pantai pandawa tidak perlu diragukan lagi, sejak akses jalannya yang telah dimudahkan kini pantai ini sering diramaikan oleh pengunjung, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Suara deru air ombak disertai dengan hamparan pasir putih yang mempesona menjadikan pantai ini layak dijadikan menjadi tempat liburan anda dan juga keluarga.
Berbagai aktifitas yang bisa kalian lakukan di Pantai Pandawa ini. Anda bisa berenang atau berduduk santai dipinggiran pantai sambil menikmati minuman air kelapa segar disertai dengan sajian jagung bakar. Ataukah anda juga bisa berjalan-jalan sambil melihat bagaimana para petani rumput laut sedang bekerja dalam membudidayakan rumput laut. Pembudidayaan rumput laut sudah lama dilakukan oleh masyarakat setempat sejak tahun 1980-an hingga sekarang. Dan kini hasil pembudidayaan tersebut telah melakukan kerjasama dengan negara-negara lain seperti Amerika dan Denmark.
2.5 Wisata Bedugul
Keindahan Danau Bedugul Di Pulau Bali
Danau Bedugul Di Pulau Bali ini sebenarnya memiliki nama Danau Beratan. Bedugul sendiri merupakan nama dari sebuah desa di Bali. Karena obyek wisata di daerah ini terkenal dengan danaunya maka orang-orang menyebutnya dengan Danau Bedugul. Keindahanya dapat terlihat dari sebuah pure yang ada di tengah-tengah danau. Selain itu perpaduaan dengan indahnya panorama alam di sekitar danau, menjadikan Danau Bedugul cukup favorit dikalangan para wisatawan.
Danau Bedugul Atau Danau Beratan Di Bali
|
Danau Bedugul merupakan Danau terluas kedua di Bali setelah Danau batur. Berada pada ketinggian 1239 mdpl, membuat suasana disini begitu sejuk.Kabut yang menyelimuti danau dengan hembusan angin yang menciptakan riak-riak kecil menambah kesan magis tersendiri. Keindahan alam berupa pegunungan yang melatar belakangi Danau Bedugul cukup memberikan penyegaran pada kedua mata. Keindahan lain terlihat dengan adanya pura yang ada di tengah-tengah danau. Pura tersebut bernama Pura Ulun Danu. Pura yang terletak di Desa Beratan ini memiliki arsitektur yang sangat khas dan mencirikan Bali. Pura Ulun Danu memiliki atap yang bertingkat ada yang memiliki 7 tingkat, 11 tingkat dan adapula yang hanya 3 tingkat. Atap bertingkat tersebut sebagai simbul 3 Dewa yang diperyai oleh masyarakat penganut agama Hindu di Bali. Pura dengan 11 tingkat menyimbulkan Dewa Wisnu, 7 tingkat menyimbulkan dewa Brahma sedangkan 3 tingkat menyimbulkan Dewa Siwa. Jika sobat ingin melihat keindahan Pura Ulun Danu ini tengoklah pada uang kertas 50 ribu.
Danau Bedugul memiliki kedalaman hingga 23 meter. Para wisatawan biasanya menikmati keindahan Danau Bedugul dengan menggunakan perahu untuk mengelilingi danau. Banyak juga pasangan muda-mudi menggunakan lokasi Danau Bedugul di Bali untuk berfoto-foto bahkan untuk foto pre-wedding. Selain digunakan sebagai obyek wisata, Danau ini digunakan sebagai sumber air untuk irigasi oleh masyarakat sekitarnya. Beberapa fasilitas penunjangpun cukup lengkap diantaranya toilet, area parkir yang luas, warung-warung dengan menu yang cukup menggugah selera, serta taman bermain untuk anak. Bagi sobat yang ingin berlama-lama disini, sobat bisa memilih beberapa penginapan yang pas dengan isi kantong.Akses jalan menuju Danau Bedugul sejatinya sangat mudah, mengingat lokasinya yang berada di tepi Jalan Raya yang menghubungkan antara Singaraja dan Tabanan. Secara tepatnya Danau Bedugul terletak di Candi Kuning, baturiti, Kabupaten Tabanan. Jika ditempuh dari Denpasar memerlukan waktu setidaknya 1 jam atau berjarak 55 Km.
2.6 Barong Dance
Tari Barong
Kabupaten Gianyar – Bali – Indonesia
Tari Barong adalah tarian khas Bali yang berasal dari khazanah kebudayaan Pra-Hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan (dharma) dan kebatilan (adharma). Wujud kebajikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya.
Ada beberapa jenis Tari Barong yang biasa ditampilkan di Pulau Bali, di antaranya Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan. Namun, di antara jenis-jenis Barong tersebut yang paling sering menjadi suguhan wisata adalah Barong Ket, atau Barong Keket yang memiliki kostum dan tarian cukup lengkap.
Kostum Barong Ket umumnya menggambarkan perpaduan antara singa, harimau, dan lembu. Di badannya dihiasi dengan ornamen dari kulit, potongan-potongan kaca cermin, dan juga dilengkapi bulu-bulu dari serat daun pandan. Barong ini dimainkan oleh dua penari (juru saluk/juru bapang): satu penari mengambil posisi di depan memainkan gerak kepala dan kaki depan Barong, sementara penari kedua berada di belakang memainkan kaki belakang dan ekor Barong.
Secara sekilas, Barong Ket tidak jauh berbeda dengan Barongsai yang biasa dipertunjukkan oleh masyarakat Cina. Hanya saja, cerita yang dimainkan dalam pertunjukan ini berbeda, yaitu cerita pertarungan antara Barong dan Rangda yang dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti Kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti), serta para pengikut Rangda.
Keistimewaan Tari Barong terletak pada unsur-unsur komedi dan unsur-unsur mitologis yang membentuk seni pertunjukan. Unsur-unsur komedi biasanya diselipkan di tengah-tengah pertunjukan untuk memancing tawa penonton. Pada babak pembukaan, misalnya, tokoh kera yang mendampingi Barong membuat gerakan-gerakan lucu atau menggigit telinga lawan mainnya untuk mengundang tawa penonton.
Sementara itu, unsur mitologis terletak pada sumber cerita yang berasal dari tradisi pra-Hindu yang meyakini Barong sebagai hewan mitologis yang menjadi pelindung kebaikan. Unsur mitologis juga nampak dalam pembuatan kostum Barong yang bahan dasarnya diperoleh dari kayu di tempat-tempat yang dianggap angker, misalnya kuburan. Unsur mitologis inilah yang membuat Barong disakralkan oleh masyarakat Bali. Selain itu, Tari Barong juga seringkali diselingi dengan Tari Keris (Keris Dance), di mana para penarinya menusukkan keris ke tubuh masing-masing layaknya pertunjukan debus.
Tari Barong dapat disaksikan di beberapa tempat di Kabupaten Gianyar, Bali, di antaranya di Pura Dalem Ubud yang biasanya mulai dipentaskan pada jam 19.30 WITA, serta di beberapa sanggar seni di Desa Batubulan yang dipentaskan pada jam 09.30 WITA.
Untuk menonton seni pertunjukan ini, wisatawan dapat menuju Desa Batubulan melalui Kota Denpasar, Ibu Kota Provinsi Bali. Dari Kota Denpasar, Batubulan berjarak sekitar 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (taksi/mobil carteran). Sementara, jika wisatawan memulai perjalanan dari Pantai Kuta atau kawasan Nusa Dua, dibutuhkan waktu +45 menit.
Untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong, wisatawan domestik maupun mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 per orang. Dengan membayar tiket sejumlah itu, wisatawan juga akan memperoleh panduan cerita pementasan dalam bentuk cetak dengan berbagai pilihan bahasa, antara lain bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Italia, Jepang, dan Mandarin.
Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga dapat menyewa jasa travel untuk menonton tarian ini. Penyedia jasa travel umumnya telah memiliki jadwal tetap pertunjukan Tari Barong di Desa Batubulan. Namun, apabila ingin lebih leluasa dengan agenda wisata yang diinginkan, wisatawan dapat menyewa mobil carteran dengan biaya sewa yang dihitung per hari.
Kecuali menyaksikan pertunjukan tari, salah satu agenda wisata yang bisa dilakukan di desa ini adalah berbelanja aneka cenderamata yang dijual oleh toko-toko suvenir maupun galeri seni yang ada di sepanjang jalan di Desa Batubulan. Benda-benda seni seperti patung maupun ukiran merupakan cenderamata khas dari desa ini. Apabila memerlukan akomodasi dan fasilitas seperti penginapan (losmen, hotel melati, maupun hotel berbintang), warung makan, serta tempat hiburan malam, maka wisatawan dapat menemukannya di kota terdekat, yaitu Kota Denpasar.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah pelaksanaan kunjungan industri ini, penulis mendapat banyak pengalaman dan kesimpulan dari kegiatan tersebut. Yaitu agar siswa-siswi mengetahui bagaimana dunia kerja diindustri pertelevisian, dan mendapat banyak pelajaran yang tidak terdapat pada pelajaran biasanya.
Pelaksanaan kunjungan industri ini telah memberikan banyak sekali pengalaman bagi siswa-siswi tentang dunia kerja pertelevisian, mulai dari praproduksi, produksi, dan pascaproduksi yang ada distasiun televisi. Pengalaman ini menjadi bahan baru bagi penulis untuk melengkapi teori-teori yang telah didapatkan di sekolah.
3.2 Saran
Saran ini kami tujukan untuk sekolah kami tercinta “SMK Muhammadiyah 04 Boyolali”
• Sekolah hendaknya jeli melihat PT yang akan dijadikan objek kunjungan industri.
• Sebaiknya sekolah menyediakan PT atau tempat kunjungan industri yang lain untuk dijadikan perbandingan.
• Diharapkan agenda program kunjungan industri tetap berjalan setiap tahun.
• Kunjungan industri sebaiknya dilaksanakan dengan biaya yang terjangkau oleh siswa.
• Kegiatan kunjungan industri dilaksanakan pada awal semester, supaya siswa sudah mempunyai gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
v Lampiran Dokumentasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar